Jenis-Jenis Bahan yang Digunakan Pada Kaos

Jenis Bahan Untuk Kaos
Jenis Bahan Untuk Kaos

Salah satu acuan memilih kaos yang baik adalah dengan berdasarkan jenis bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kaos. Berdasarkan bahan pembuatannya, jenis bahan yang digunakan banyak terdapat di pasaran. Jenis yang paling umum digunakan adalah Cotton Combed, Cotton Carded, CVC, TC, PE yang lazim digunakan untuk kaos oblong seperti T-Shirt. Sedangkan untuk kaos polo (polo shirt), bahan yang umumnya digunakan adalah Cotton Pique/Lacoste.


Tiap jenis bahan mempunyai karakteristik masing-masing, antara lain:

Cotton Combed
Bahan ini mempunyai karakteristik yang relatif halus, dingin, nyaman dipakai dan menyerap keringat. Bahan ini diproduksi dengan finishing disisir (combed) sehingga serat-serat pendek yang halus dan kotoran pada serat dipisahkan (dibuang) sehingga hasil kain menjadi halus dan tidak berbulu yang bisa membuat kulit gatal-gatal.

Bahan Cotton Combed memiliki beberapa jenis menurut ketebalannya yang dikenal dengan kode 20s, 24s, 30s, dan 40s yang semakin tinggi angkanya, semakin tipis dan halus bahannya, semakin mahal harganya. Pada umumnya kaos distro menggunakan jenis 20s dan 30s.

Bahan Cotton Combed juga lebih kuat karena serat kapas yang pendek dan patah sudah dipisahkan, menyisakan serat-serat kuat dan panjang yang membuatnya tidak mudah terurai. Bahan ini paling cocok digunakan untuk iklim tropis Indonesia karena nyaman dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik


Cotton Carded
Sama seperti bahan Cotton Combed, bahan Cotton Carded mempunyai jenis 20s, 24s, dll.  Namun perbedaannya adalah Cotton Carded tidak disisir pada proses finishing pembuatan bahannya sehingga hasil rajutan bahan ini kurang halus dan kurang rata dan masih terdapat serat halus yang tersisa.

Kelebihan bahan Cotton Carded adalah bahan ini lebih murah harganya dibandingkan dengan Cotton Combed sehingga umumnya bahan ini digunakan untuk membuat kaos dengan target pasa kelas menengah. Namun begitu, meskipun tekstur bahan Cotton Carded kurang halus, tetap nyaman dipakai karena terbuat dari 100% kapas alami.


CVC (Cotton Viscose)
Bahan ini merupakan campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Sedangkan Viscose sendiri adalah bahan kain yang dibuat dari kayu Eucalyptus yang mempunyai tekstur dengan kapas. Bahan Viscose sendiri biasanya digunakan untuk menambah kenyamanan pada serat sintetis dan menambah kecerahan warna bahan.

Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat susut pola nya lebih kecil dan lebih lembut daripada bahan Cotton. Kain ini lebih jarang tersedia di pasaran karena terkesan mewah. Kain ini juga bersifat menyerap keringat.


TC (Teteron Cotton) Combed
Bahan ini terdiri dari serat campuran, yaitu 35% Cotton Combed dan 65% bahan Polyester (Teteron) dengan karakteristik kurang menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya adalah lebih tahan kusut dan tidak melar meskipun sudah dicuci berkali-kali, dan harganya relatif lebih murah.


PE (Polyester)
Adalah kain yang tingkatnya ada dibawah katun yang berbahan dasar benang polyester. Kaos yang berbahan dasar PE, bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan kain kaos yang berbahan dasar kain katun (cotton). Untuk membedakannya adalah dengan dibakar. Kain PE apabila dibakar maka akan mengeluarkan aroma plastic, cepat terbakar dan akan menjadi arang.

Keunggulan bahan PE adalah harganya murah. Kelemahannya untuk kaos berbahan PE, rawan kusut dan luntur. Dan untuk sweater berbahan PE, biasanya akan berbulu setelah dicuci beberapa kali.


Lacoste/Pique
Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat kaos berkerah (polo shirt). Karakteristik bahan Lacoste adalah berpori besar sehingga lebih cocok dikombinasikan dengan bordir dibandingkan sablon. Ada dua tipe kain lacoste yang terkenal, yaitu Lacoste PE dan Lacoste Cotton ( Lacoste Pique). Perbedaannya adalah dari sisi menyerap atau tidaknya terhadap keringat. 

Kelebihan dari Lacoste Cotton, selain dingin bahannya juga lebih lembut dibandingkan lacoste PE. Tipe Lacoste yang paling bagus adalah Lacoste Cotton/ Lacoste Pique.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan nama Anonymous dan spam tidak akan ditampilkan